0

Sponsor

Iklan Kiri

Sambal Tempe

| |





Sederhana, mudah, murah, lezat, bergizi. Lima kata itu mungkin tepat untuk menggambarkan sambal tempe. Lauk yang sangat nikmat untuk menemani sepiring nasi putih yang hangat. Kelezatan tempe memang tidak ada duanya, rasanya yang unik dan juga flexible untuk diolah menjadi aneka makanan yang enak menjadikannya lauk favorit saya dan sebagian besar masyarakat kita.

Dulu, nenek saya di kampung sering sekali membuat sambal ini, bumbunya sangat simple hanya cabai dan bawang putih yang di ulek dengan potongan tempe yang telah diinapkan semalaman. Walaupun begitu, nenek dan orang-orang di desa umumnya sudah mensyukuri karunia tersebut dan makan dengan lahap. Tidak ada ayam, tidak ada daging. Kedua jenis lauk tersebut hanya disajikan saat ada perayaan hari besar atau selamatan saja. Dalam kondisi yang serba penuh keterbatasan, hal yang sederhana mampu dinikmati dengan maksimal. Walaupun saya akui rasa sambal tempe sama sekali tidak sederhana, lauk ini laziz dan mantap :)



Tipsnya adalah gunakan tempe yang masih fresh, bumbui dengan garam dan bawang putih kemudian goreng hingga coklat keemasan. Beberapa ada yang suka tempe yang sudah diinapkan beberapa hari atau semangit karena baunya lebih khas. Sambal tempe ini enaknya juga dibuat sesaat waktu akan dimakan kala tempe masih baru keluar dari penggorengan dan bumbu yang digunakan masih segar karena baru di ulek. Sedap!


Yuk kita buat.



Sambal Tempe
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa


Bahan:
- 300 gram tempe yang baru digoreng, tumbuk kasar
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok makan garam


Bumbu diiris:
- 2 siung bawang putih, iris halus
- 2 siung bawang merah, iris halus


Bumbu dihaluskan:
- 1 ruas kencur
- 5 butir cabai rawit merah


Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan warnanya transparant. Masukkan bumbu halus, garam, gula, aduk hingga bumbu matang. Tambahkan tempe, aduk-aduk hingga tempe dan bumbu tercampur rata. Cicipi rasanya.







Sajikan dengan nasi hangat dan potongan timun segar. Hmm, jadi lapar.

Advertiser

 
Twitter Facebook Dribbble Tumblr Last FM Flickr Behance